Minggu, 21 Desember 2008

Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu yang terletak sekitar 60 km arah selatan dari kota Sukabumi, adalah ibukota dari kabupaten sukabumi dan merupakan sebuah tempat wisata di di pesisir selatan Jawa Barat, di Samudra Hindia. Ombaknya terkenal sangat kuat dan karena itu bisa berbahaya.

Pelabuhan Ratu dan Jakarta berjarak sekitar 130 kilometer. Anda takkan menyesali perjalanan yang cukup panjang untuk mencapai daerah menawan ini. Pantainya molek, makanan khas lautnya sungguh menggoda. Seorang ratu tentunya akan menikmati kunjungannya ke Pelabuhan Ratu seperti Anda juga, tentunya.

Pantai ini terkenal karena terdiri dari perpaduan antara pantai yang curam dan landai, batu-batu karang yang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam.

Tempat ini mempunyai daya tarik sendiri, sehingga Presiden Soekarno> mendirikan tempat peristirahatannya pada tahun 1960 di Tanjo Resmi. Selain itu, atas inisiatif Soekarno pula didirikanlah Samudera Beach Hotel, salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia pada kurun waktu yang sama dengan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, dan Toko Serba Ada "Sarinah", yang kesemuanya menggunakan dana pampasan perang dari Jepang.

Fasilitas rekreasi
Selain hotel besar dan mewah Samudera Beach Hotel, di daerah ini terdapat pula sejumlah hotel dan losmen kecil, Pondok Dewata resor adalah salah satu villa mewah yang cukup laris dikunjungi wisatawan. Tidak berapa jauh dari pantai Pelabuhan Ratu terdapat beberapa lokasi wisata lainnya, seperti pantai Karang Hawu yang letaknya sekitar 20 km dari kota Pelabuhan Ratu terdapat pantai karang yang menjorok ke laut dan berlubang di beberapa bagian itu. Bentuk karangnya lebih mirip tungku, dalam bahasa Sunda disebut "Hawu". Karena itulah tempat ini dinamai orang Pantai Karang Hawu. Pantai-pantai lain yang terletak di daerah ini antara lain adalah pantai Cibareno, Cimaja, Cibangban, Break Water, Citepus Kebon Kelapa dan Tanjo Resmi.

Sekitar 17 km dari Pantai Pelabuhan Ratu terdapat sumber air panas di Cisolok, yang airnya mengandung belerang yang tinggi dan berguna bagi kesehatan.

Di seputar Pelabuhan Ratu, paling tidak ada sembilan titik lokasi untuk berselancar, yaitu di Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng. Masing-masing pantai mempunyai ombak dengan karakteristiknya sendiri.

Mitos
Menurut kepercayaan rakyat setempat, Pantai Pelabuhan Ratu dihuni oleh Nyai Roro Kidul, yang diakui sebagai penguasa Pantai Selatan. Kepercayaan ini begitu kuatnya sehingga konon di Samudera Beach Hotel disediakan sebuah kamar khusus untuk tempat kediaman sang penguasa.

Orang juga percaya bahwa di pantai Karang Hawu terdapat makam Nyai Roro Kidul.

Pelestarian fauna
Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal sebagai tempat bertelur dan berbiaknya penyu yang terancam punah, dan karenanya termasuk salah satu binatang yang dilindungi di dunia. Namun demikian penyu-penyu di Pantai Pelabuhan Ratu masih sering ditangkapi untuk dimakan dagingnya sementara badannya dan kulitnya dijadikan cendera mata dan telurnya diambil untuk dikonsumsi masyarakat.

Yang Dapat Anda Lihat Atau Lakukan
  • Berjalan menyusuri pantai
  • Berenang
  • Mengunjungi TPI Tempat Pelelangan Ikan untuk membeli hasil laut yang segar dengan harga murah
  • Bermain-main di tepi pantai membangun istana pasir atau mengumpulkan kerang sungguh menyenangkan untuk dilakukan!
  • Mengunjungi pemandian air panas Cisolok
  • Berburu buah durian dan buah-buah tropis lainnya.
Di sana juga kita selain menikmati keadaan pantainya kita juga bisa menikmati keindahan sunset dari pantai Pelabuhan Ratu.

Tempat-tempat yang sering di kunjungi di Pantai Pelabuhan Ratu, diantaranya :

Air Panas Cisolok, terletak 17 km barat daya Pelabuhan Ratu. Tempat ini terdapat sungai dengan mata air panas dengan letupan vulkanis. Di dekatnya terdapat air terjun dan perkebunan karet.

Pantai Karang Hawu, terletak 20 km dari Pelabuhan Ratu. Pantai ini terdapat karang dengan beberapa lubang pada seperti tungku, yang disebut hawu oleh orang setempat. Di pantai ini dapat dilakukan olahraga selancar air.

Gua Lalay, terletak 3 km dari Pelabuhan Ratu. Gua ini merupakan rumah dari ribuan kelelawar.


8 komentar:

  1. Wah, aku baru menyusuri pantai dan TPInya. Belum ke tempat2 lain yang disebutkan di atas. Jadi ingin menjelajah lebih jauh di Palabuhanratu.

    BalasHapus
  2. pelabuan ratu katanya bayak makan korban oramng ya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. pelabuhan itu indah :D

    BalasHapus
  5. wah bagus bgt tu.pengen ah jd orang sana.

    BalasHapus
  6. suatu saat nanti pasti aq akan datang ke pelabuhan ratu tuk menemui ratuku.

    BalasHapus
  7. aq akan jemput ratuku,widyianingsih.

    BalasHapus
  8. aq akan jemput ratuku,winarti aprilianti widyansyah.i will always love you.

    BalasHapus

Silahkan Komentar Tapi Jangan Spam Yach.....